NEW Model Blog Education, SBMPTN,USM,UTUL UGM,SIMAK UI ,STAN,STIS.

Wednesday, April 6, 2016

Jawaban LKS PR Intan Pariwara Sosiologi Kelas X Semester 2 BAB II (Latihan 1)

| Wednesday, April 6, 2016
1.     Penelitian sosial membantu perencanaan dan kegiatan pembangunan. Jelaskan peran penting penelitian sosial dalam bidang perencanaan sosial!
Jawaban :
Dalam bidang perencanaan sosial, penelitian sosial dapat memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai perkembangan kebudayaan, hubungan sosial yang dijalin masyarakat, hubungan masyarakat dan lingkungan alam, serta proses perubahan dan dampaknya. Melalui pemahaman tersebut diharapkan masyarakat dapat menentukan sikap dan perilaku guna menjaga keseimbangan sosial dalam
masyarakat.

2.     Mengapa penelitian sosial harus menggunakan metode penelitian yang tepat?
Jawaban :
Metode penelitian merupakan suatu prosedur atau cara untuk mengetahui kebenaran suatu gejala sosial dengan menggunakan langkah-langkah sistematis. Oleh karena itu, peneliti harus menentukan metode penelitian sosial yang tepat. Metode penelitian sosial yang tepat dapat memberi arahan yang jelas, terukur, logis, dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

3.     Mengapa rumusan masalah harus dinyatakan dengan kalimat tanya yang jelas?
Jawaban :
Rumusan masalah memuat fokus masalah yang akan diteliti. Apabila rumusan masalah tidak dinyatakan dalam bentuk pertanyaan yang jelas, peneliti akan kesulitan dalam melakukan penelitian. Selain itu, hasil penelitian tersebut kurang tepat dalam memberikan masukan ataupun solusi mengenai permasalahan sosial yang dijadikan topik penelitian.

4.     Tulislah kelebihan dan kelemahan penelitian dengan pendekatan longitudinal!
Jawaban :
Kelebihan penelitian dengan pendekatan longitudinal (pendekatan bujur) yaitu subjek yang diamati sama sehingga faktor-faktor internal individu tidak memengaruhi hasil. Adapun kelemahannya yaitu penelitian ini membutuhkan waktu lama. Dikhawatirkan dalam jangka waktu lama ini, banyak perubahan kondisi karena perkembangan zaman.

5.     Mengapa penelitian sosial dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan sosial?
Jawaban :

Penelitian sosial dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan sosial karena setiap penelitian sosial yang dilakukan dapat memberi informasi mengenai kebenaran suatu gejala sosial, bahkan dapat memberi solusi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Oleh karena itu, ilmu pengetahuan akan selalu berkembang dan bertambah melalui penelitian-penelitian sosial.

Related Posts

No comments: