NEW Model Blog Education, SBMPTN,USM,UTUL UGM,SIMAK UI ,STAN,STIS.

Wednesday, April 6, 2016

Jawaban LKS PR Intan Pariwara Sosiologi Kelas X Semester 2 BAB I (Ulangan Harian)

| Wednesday, April 6, 2016
1.     Jelaskan pengertian modernisasi menurut Harold Rosenberg!
Jawaban :
Menurut Harold Rosenberg, modernisasi sebagai sebuah tradisi baru mengacu pada urbanisasi atau proses pengikisan sifat-sifat masyarakat perdesaan.

2.     Jelaskan fenomena pada gambar berkaitan dengan proses globalisasi!
(gambar McDonald’s)
Jawaban :
Restoran cepat saji pada gambar banyak ditemui di Indonesia. Restoran cepat saji yang ada pada gambar berasal dari Amerika. Fenomena restoran cepat saji yang merebak di Indonesia disebabkan adanya proses globalisasi sehingga masyarakat Indonesia dapat menikmati masakan luar negeri dengan rasa sama.

3.   Jelaskan dampak positif dan negatif fenomena pada gambar terhadap masyarakat Indonesia!
(gambar McDonald’s)
Jawaban :
Dampak positif keberadaan restoran cepat saji antara lain dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun dampak negatif dari masuknya restoran cepat saji misalnya semakin menurunnya selera masyarakat terhadap masakan tradisional Indonesia. Masyarakat menganggap restoran tersebut dapat menunjukkan status sosial kelas atas.

4.     Berikan solusi untuk mengatasi tawuran pelajar!
Jawaban :
Mengatasi tawuran dapat dilakukan dengan cara preventif dan represif. Upaya preventif dilakukan dengan cara melakukan sosialisasi terhadap bahaya tawuran. Adapun upaya represif dilakukan dengan memberikan hukuman kepada pelaku
tawuran.

5.     Sebutkan tiga bentuk diferensiasi si lingkungan sekitar Anda! Jelaskan pula cara menghadapi diferensiasi!
Jawaban :
Diferensiasi sosial dalam masyarakat antara lain aneka ragam ras, agama, dan jenis kelamin. Sikap yang harus ditunjukkan dalam menghadapi diferensiasi sosial yaitu dengan cara saling menghormati dan menghargai perbedaan tersebut.

6.     Jelaskan perbedaan diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial!
Jawaban :
Diferensiasi merupakan pembagian masyarakat menjadi kelompok-kelompok secara horizontal. Adapun stratifikasi sosial merupakan pembagian masyarakat menjadi kelas-kelas dalam masyarakat secara vertikal.

7.     Mengapa globalisasi merupakan bentuk gejala sosial?
Jawaban :
Gejala sosial merupakan berbagai fenomena sosial yang ada dalam masyarakat, salah satunya adalah globalisasi. Globalisasi merupakan proses menyatukan masyarakat sehingga dapat menjangkau satu dan yang lain atau saling terhubung dalam semua aspek kehidupan. Globalisasi merupakan fenomena sosial dalam masyarakat karena globalisasi berdampak besar terhadap kehidupan masyarakat.

8.    Akibat perubahan sosial, perilaku masyarakat berubah menjadi boros. Sebagai contoh, seseorang memiliki telepon seluler lebih dari satu.
Jelaskan fenomena tersebut berkaitan dengan pola hidup boros!
Jawaban :
Seseorang yang memiliki banyak telepon seluler menunjukkan perilaku hidup boros. Memiliki banyak telepon seluler merupakan salah satu contoh perilaku hidup boros karena telepon seluler tersebut memiliki fungsi sama. Pola hidup boros dicirikan dengan pola hidup gemar membeli barang-barang yang kurang diperlukan.

9.     Jelaskan dampak positif modernisasi!
Jawaban :
Dampak positif modernisasi antara lain meningkatkan produktivitas masyarakat di bidang industri, meningkatkan integrasi masyarakat, meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan meningkatkan kesadaran politik dan demokrasi.

10. Mengapa penyimpangan sosial merupakan gejala sosial dalam masyarakat?
Jawaban :

Penyimpangan sosial banyak terjadi dalam masyarakat yang kurang memiliki kontrol sosial yang baik. Oleh karena itu, penyimpangan sosial selalu ada dalam masyarakat. Keadaan ini membuat penyimpangan sosial merupakan gejala sosial dalam masyarakat.

Related Posts

No comments: