NEW Model Blog Education, SBMPTN,USM,UTUL UGM,SIMAK UI ,STAN,STIS.

Sunday, April 3, 2016

Jawaban LKS PR Intan Pariwara Sosiologi Kelas X Semester 2 BAB I (Latihan 1)

| Sunday, April 3, 2016
1.     Jelaskan pengertian modernisasi menurut Alex Inkeles!
Jawaban :
Menurut Alex Inkeles, modernisasi merupakan sikap-sikap tertentu yang menandai manusia dalam masyarakat modern. Sikap-sikap tersebut dicirikan dengan kegandrungan masyarakat menerima gagasan-gagasan baru.

2.     Mengapa globalisasi dapat menimbulkan ketergantungan antarnegara?
Jawaban :
Setiap negara memiliki sumber daya berbeda. Keadaan ini menyebabkan tiap-tiap negara melakukan kegiatan ekspor dan impor. Oleh karena itu, globalisasi dapat menciptakan ketergantungan antarnegara karena tiap-tiap negara tidak dapat memenuhi kebutuhan sendiri, tetapi melibatkan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya.

3.     Jelaskan dampak pola hidup konsumtif bagi perkembangan produk lokal!
Jawaban :
Pola hidup konsumtif dapat berdampak positif apabila terarah pada produk-produk lokal. Pola hidup konsumtif masyarakat akan meningkatkan kemandirian negara dalam perdagangan dunia. Oleh karena itu, pemerintah berusaha meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal dengan membuat slogan ”cintailah produk Indonesia”.

4.     Apakah ciri-ciri pelaku hedonisme?
Jawaban :
Ciri-ciri perilaku hedonisme sebagai berikut.
a.  Memiliki gaya hidup instan, artinya memiliki pandangan untuk mendapatkan segala sesuatu yang diinginkan secara cepat.
b.  Lebih berorientasi pada hasil daripada proses dan mudah menggunakan cara-cara tidak terpuji.

5.     Perhatikan gambar berikut!
(gambar orang menggunakan smartphone)
Jelaskan dampak negatif gejala sosial pada gambar diatas!
Jawaban :
Gejala sosial pada gambar menunjukkan seseorang sedang sibuk menggunakan gadgetnya. Sikap pada gambar dapat menyebabkan seseorang menjadi makhluk antisosial/individualistik dan bergantung terhadap teknologi. Selain itu, aktivitas pada gambar akan mengurangi kualitas interaksi secara lagsung antarindividu.

Related Posts

No comments: