NEW Model Blog Education, SBMPTN,USM,UTUL UGM,SIMAK UI ,STAN,STIS.

Thursday, April 7, 2016

Jawaban LKS PR Intan Pariwara Sosiologi Kelas X Semester 2 BAB II (Latihan 2)

| Thursday, April 7, 2016
1.     Deskripsikan pengertian metode penelitian kualitatif dan sebutkan ciri-cirinya!
Jawaban :
Metode penelitian kualitatif merupakan tata cara penelitian yang menghasilkan deskripsi analitis, yang dinyatakan oleh sasaran penelitian yang bersangkutan secara tertulis atau lisan dan perilaku nyata. Adapun ciri-ciri metode penelitian kualitatif sebagai berikut.
a. Realitas dibentuk secara sosial, jamak, dan merupakan keutuhan.
b. Emik, mementingkan pemahaman dari dalam.
c. Kontekstual dan memahami dari sudut pandang subjek penelitian.
d. Berakhir dengan hipotesis (induktif).
e. Peneliti sebagai instrumen pertama.

2.     Pengambilan data dalam penelitian sosial dapat dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur dan semiterstruktur. Jelaskan perbedaan antara wawancara terstruktur dan semiterstruktur!
Jawaban :
Perbedaan wawancara terstruktur dan semiterstruktur terletak pada ada dan tidaknya standardisasi atau batasan jawaban yang akan disampaikan informan. Dalam wawancara terstruktur, wawancara dilakukan dengan peneliti menyiapkan format pertanyaan dan jawaban terlebih dahulu karena peneliti memiliki standardisasi yang akan membatasi jawaban informan. Sementara itu, wawancara semiterstruktur dilakukan dengan peneliti mengajukan pertanyaan berdasarkan daftar pertanyaan, tetapi tetap mengembangkan sikap sensitif untuk membiarkan informan menjawab di luar kategori yang disiapkan peneliti.

3.     Data primer dalam penelitian kuantitatif biasanya berupa angka. Bagaimanakah proses pengolahan data tersebut agar data yang berupa angka dapat mudah dipahami?
Jawaban :
Proses pengolahan data dalam penelitian kuantitatif terdiri atas tiga tahap, yaitu editing, coding, dan tabulating. Editing merupakan proses memeriksa data yang sudah terkumpul meliputi kelengkapan isian, keterbacaan tulisan, kejelasan jawaban, relevansi jawaban, dan keseragaman satuan data yang digunakan. Coding merupakan kegiatan memberi kode pada setiap data yang terkumpul pada tiap-tiap instrumen penelitian. Pemberian kode bertujuan memudahkan dalam menganalisis dan menafsirkan data. Adapun tabulating merupakan proses memasukkan data yang sudah dikelompokkan ke dalam tabel sehingga lebih ringkas dan mudah dipahami.

Perhatikan data berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
No.
Mata Pelajaran
Nilai Rata-Rata Kelas
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
Agama
Matematika
Bahasa Indonesia
Sosiologi
Ekonomi
Biologi
Kimia
Bahasa Inggris
Fisika
Sejarah
Geografi
Kesenian
8,69
8,21
8,00
8,65
7,89
7,59
6,75
8,00
7,64
7,88
8,06
7,98

Jumlah
95.34

4.     Hitunglah mean berdasarkan data diatas!
Jawaban :
Diketahui: Xi = 95,34
                n = 12
Ditanya : ?
Jawaban: 95,34 : 12 = 7,9
Jadi, mean berdasarkan data di atas adalah 7,9.

5.     Tentukan modus berdasarkan data pada tabel!
Jawaban :
Data dari tabel diurutkan sebagai berikut.

6,75; 7,59; 7,64; 7,88; 7,89; 7,98; 8,00; 8,00; 8,06; 8,21; 8,65; 8,69. Modus merupakan nilai yang sering muncul. Dengan demikian, modus data di atas adalah 8,00.

Related Posts

No comments: