NEW Model Blog Education, SBMPTN,USM,UTUL UGM,SIMAK UI ,STAN,STIS.

Tuesday, May 3, 2016

Jawaban LKS PR EKONOMI Ulangan Harian BAB III essay

| Tuesday, May 3, 2016
LKS PR EKONOMI Ulangan Harian Bab III "MANAJEMEN"


 SOAL
  1. Jelaskan mengenai sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin yang nantinya akan memegang kendali dalam manajemen!
  2. Terdapat beberapa definisi mengenai manajemen. Mengapa manajemen diartikan sebagai ilmu dan seni?
  3. Mengapa unsur manusia merupakan faktor yang paling menentukan dalam manajemen?
  4. Apa sajakah tugas dan tanggung jawab dari manajer umum (general manager)? 
  5. Mengapa seorang pengawas (supervisor) harus mempunyai keterampilan teknis (technical skills) dalam menjalankan tugasnya?
  6. Jelaskan tujuan prinsip rantai skalar dalam sebuah organisasi/perusahaan?
  7. Prinsip more pay for more prestige (gaji lebih untuk prestasi lebih). Jelaskan mengenai prinsip dalam penggajian tersebut!
  8. Apa saja faktor yang memengaruhi keberhasilan fungsi pengendalian (controlling)?
  9. Mengapa dalam manajemen pemasaran, promosi melalui periklanan berperan penting bagi suatu perusahaan?
  10. Jelaskan mengenai penerapan manajemen dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah!

JAWABAN
  1. Seorang manajer harus mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi, pengetahuan luas, bertanggung jawab, dan berkompeten di bidangnya (mempunyai keterampilan dasar manajemen).
  2. Karena manajemen merupakan kombinasi antara seni dan ilmu. Manajemen butuh unsur seni dalam melaksanakan aktivitas yang berhubungan dengan manusia. Manajemen sebagai ilmu bersifat universal dan menggunakan kerangka berpikir yang sistematis dan dapat diterapkan dalam semua organisasi.
  3. Manusia menyusun rencana dan tujuan tertentu serta melaksanakan proses manajemen; manusia berperan sebagai pelaku, penggerak, motivator, dan dinamisator sehingga manusia merupakan faktor yang paling menentukan dalam manajemen.
  4. Tugas dan tanggung jawab dari manajer umum (general manager) yaitu mengatur, mengawasi, dan mempertanggungjawabkan seluruh satuan kerja atau divisi operasional yang mencakup kegiatan fungsional satuan kerja; dan juga bertanggungjawab terhadap keseluruhan bidang manajemen seperti produksi, pemasaran, keuangan, personalia, dan administrasi.
  5. Pengawas termasuk manajemen lini pertama, dimana pengawas akan menggunakan keterampilan teknis untuk menggunakan peralatan, prosedur, atau teknik dari suatu bidang tertentu. Keterampilan teknis yaitu keterampilan menjalankan bidang tertentu.
  6. Tujuan prinsip rantai skalar yaitu memudahkan komunikasi antara karyawan dalam tingkatan yang sama sehingga dapat mengabaikan wewenang lini di tingkatannya. Hal ini karena diperlukan komunikasi antara manajemen puncak --> manajemen lini pertama.
  7. Prinsip "more pay for more prestige" perlu diterapkan untuk mengantisipasi terjadinya penurunan semangat bekerja karyawan, bahkan timbulnya ketidakdisiplinan dalam bekerja. Penggajian adil berdasarkan besarnya tanggungjawab masing-masing bidang.
  8. Keberhasilan fungsi pengendalian (controlling) dipengaruhi oleh faktor efektivitas dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan. Tujuan pengendalian yaitu untuk mencegah/memperbaiki kesalahan.
  9. Karena melalui periklanan dapat memperkenalkan produk secara luas kepada masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang mengenal produk-produk tersebut dan pemasaran lalu membelinya.
  10. Penerapan manajemen dalam ekstrakurikuler dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efisien, serta melatih para siswa untuk pembinaan kepemimpinan.

Related Posts

No comments: