NEW Model Blog Education, SBMPTN,USM,UTUL UGM,SIMAK UI ,STAN,STIS.

Friday, April 29, 2016

Jawaban LKS PR Latihan 2 BAB II essay

| Friday, April 29, 2016
LKS PR 37 Lat 2 BAB II "Zaman Islam di Indonesia"

  1. jelaskan proses kedatangan Islam di indonesia berdasarkan teori Gujarat!
  2. deskripsikan dua bukti yang diutarakan oleh Oemar Amir Husein mengenai teori Persia!
  3. bagaimana pandangan A.H. Johns terhadap proses islamisasi dii Indonesia?
  4. jelaskan buktii bukti yang mendasari kedatangan Islam di indonesia menurut teori China!
  5. mengapa politik berperan besar dalam penyebaran islam di indonesia?

JAWAB

  1. islam masuk di indonesia pada abad 13M dibawa oleh pedagang Gujarat. menurut J. Pijnapel, orang orang Arab bermazhab Syafi'i telah bermukim di Gujarat dan Mahabar sejak abad 7 masehi. penyebaran islam dilakukan oleh pedagang gujarat, bukan orang arab secara langsung.
  2. A. dipersia terdapat suku leran yang memiliki nama yang sama dengan sebuah kampung di jawa timur; B. di persia terdapat suku jawi. suku tersebut diduga mengajarkan huruf arab di jawa. huruf arab itu disebut dengan huruf arab pegon yang sering digunakan dalam naskah kuno pada masa perkembangan kerajaan islam di indonesia.
  3. ia berpendapat islamisasi di indonesia dilakukan oleh kaum sufi. argumentasi ini didasari pada penggunaan mazhab syafii oleh sebaggian besar masyarakat indonesia.
  4. sumber lokal yang menjelaskan bahwa ibu dari Raden Patah berasal dari Campa, dan berdasarkan Sejarah Banten dan Hikayat Hasanuddin nama dan gelar raja beserta leluhurnya ditulis menggunakan istilah Cina.
  5. karena ketika raja memeluk islam maka rakyat akan memeluk islam juga karena raja merupakan panutan yang harus dipatuhi. serta beberapa kerajaan islam yang melakukan perluasan wilayah dan penaklukan membuat penyebaran islam semakin berkembang pesat.

Related Posts

2 comments:

Pandu said...

ini sangat membantu

Rifky Krismantoro said...

Terimakasih nantikan terus update nya ya